Sunday 26 November 2017

Kenapa forex itu haram


Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang AL-SHARF. Pertanyaan yang pasti ditanyakan oleh setiap handlowiec Indonesia.1 Apakah Trading Forex Haram.2 Apakah Trading Forex Halal.3 Apakah Trading Forex Drupal Agama Islam.4 Apakah SWAP itu. Mari kita bahas dengan artikel yang pertama. Forex Dalam Hukum Islam..Dalam bukunya Prof Drs Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAŻ FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, bahipa bahasa Forex Perdagangan Valas diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbol karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhan komoditi antar negara yang bersifat internasional Perpagaman Ekspor-Impor ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing masara negara mempunyai ketentuan sentiri i berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran i permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat międzynarodowy i terytorialny dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan Nilai mata uat suat negara denara lainnya ini berubah berfluktuasi saat sesuai tom permintaan and penawarannya Adanya permintaan and penawaran yin menimbulkan transaksi mata uang Yang iu seyang hanyalah tukar-m enukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS.1. Ada Ijab-Qobul --- Ada perjanjian untuk memberi menerima. Penjual menyerahkan barang i pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pe mbeli dan penjualne mempunyai wewenang penuh melaksanakan dan melakukan tindakantindakan hukum dewasa i berpikiran sehat.2 Pamiętaj syarat menjadi objek transaksi jual-beli yaitu. Suci barangnya bukan najis. Dapat dimanfaatkan. Dapat diserahterima kan. Jelas barang dan harganya. Dijk dibeli olejek rajdowy atau kuasanya atas izin pemiliknya. Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. Jangan kamu membeli ikan dalam air, karena sesungguhnya jual beli jang demikian itu mengandung penipuan. Hadis Ahmad bin Hambal i Al Baihaqi dari Ibnu Mas ud. Jualiści beli barang yang tidak di tempat transaksy diperbolehkan dengan syarat haru diterangkan sifatsifatnya atau ciri-cirinya Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak kiedyyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah. Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak whenyar jika ia telah melihatnya. July beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semua hasil tanaman yang terpendam untuk dijual Hal ini sesuai dengan kaidah hukum islam. Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkus tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, i sebagainya, asalkam diberi label yang mhenangkan isinya Vide Sabiq, op cit hal 135 Mengenai teks kaidah hukum Islamski tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa alairair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal 55.JALNE BELI VALUTA ASING DAN SAHAM. Yang dimaksud dengan valuta asing adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, poundsterling Inggris, ringgit Malezja i Sebćadjanja Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap negara membutuhkan waluta asing untuk alat bayar luar negeri yang daliam dunia dubai disebut devisa celownik eksportujący Indonezja akan memperoleh devisa dari hasil ekspornya, sebaliknya importir indonezyjski memerlukan devisa untuk mengimpor dari luar negeri. Dengan demikian akan timbul penawaran and perminataan di bursa valuta asing setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing kurs a dalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing misalnya 1 dolar Amerika Rp 12 000 Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing Pencatatan kurs uang i transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing AWJ Tupanno, i in. Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77.FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALAS. Fatwa Dewan Syari ah Nasional Majelis Ulama Indonezja. No 28 DSN-MUI III 2002 tentang Jual Beli Mata Uang Al-Sharf. a Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan. transaksi jual-beli mata uang al-sharf, baik antar mata uhui mafia mandar mata uang berlainan jenis. b Bahwa dalam urf tijari tradisi perdagangan transaksi ji je beli mata uang dikenal beberapa. bentuk transaksi yang status hukumnya dalam pandangan ajaran Islam berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. c Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut dilakuka n sesuai dengan ajaran islamu, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-szarfa untuk dijadikan pedoman.1 Firman Allah, QS Al-Baqarah 2 275 Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.2 Hadis nabi riwayat al-Majhaqi i Ibnu Majah dari Abu Sa id al-Khudri Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya jual beli itu hanya boleh dilakukan atas dasar kerelaan antara kedua belah pihak albaihaqi al Bahajban Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban.3 Hadis Nabi Riwayat muzułmanie, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa i , dan Ibn Majah, dengan teks muzułmanin dari Ubadah bin Shamit, Nabi widział bersabda Juallah emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, sya ir dengan sya ir kurma dengan kurma, dan garam dengan garam denga syarat harus sama dan sejenis serta secara tunai Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai.4 Hadis Nabi riwayat Muslim, Tirmidzi, Nasa i, Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi widział bersabda Jual-beli emas dengan perak adalah riba kecuali dilakukan secara tunai.5 Hadis Nabi riwayat muzułmanin dari Abu Said al-Khudri, Nabi widział bersabda Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama nilainya i janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain janganlah menajual perak dengan perak kecuali sama nilainya dan janganlah menambahkan sebagaian atas sebagian yang lain dan janganlah menjualny emas i perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai.6 Hadis Nabi riwayat muzułmańscy dari Bara bin Azib dan Zaid bin Arqam Rasulullah widział melarang menjuali perak dengan emas secara piutang tidak tunai.7 Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram dan kaum muslimin teratur dengan syarat syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.8 Ijma Ulama sepakat ijma bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu.1 Surat dari pimpina h Jednostka Usaha Syariah Bank BNI nie UUS 2 878.2 Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari ah Nasional Pada Hari Kamis, Tanggal 14 Muharram 1423H 28 Maret 2002.Dewan Syari ah Nasional Menetapkan FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG AL-SHARF. Pertama Ketentuan Umum. Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan kententuan sebagai berikut.1 Nie ma jeszcze nic do roboty. 4 Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar kurs yang berlaku pada saat transaksi i secara tunika. Kedua Jenis-jenis transaksi Valuta Asing.1 Transakcja SPOT, yaitu transaksi pembelian i penjualan valuta asing nieprzyjaciel pada na saudy itu na kontuarze atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari hukumnya adalah boleh, karena tunelu tunelu, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesai a yang tidak bisa dihindari i merupakan transaksi internasional.2 Transaksi FORWARD, yaitu transaksi pembelian i penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang i diberlakukan untuk waktu yang akang datang, antara 2x24 jam sampai dengan satu tahun Hukumnya adalah haram, karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan muwa adah i penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut belam tentu sama dengan nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk naprzód porozumienie untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari lil hajah.3 Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga naprzód Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi.4 Transaksi OPCJA yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi. Ketiga Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketika jika di kudkat hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di Jakarta. Tanggal 14 Muharram 1423 H 28 Maret 2002 M. DEWAN SYARI AH NASIONAL - MAJELIS ULAMA INDONESIA. Dani Kamery pernah denger handel forex om. Afandi Kusuma bolak balik jangan ambient sektor non riel nyerempet haram. Dani kamerzy saya taya apa jawabnya apa. Afandi Kusuma oh, jawabannya sudah satu langkah lagi ke depan. Dani Kamery berarti pernah tw om. Afandi Kusuma itu diatas sdh di tulis bolak balik.13 20 Dani Camers lah, maksud dri non riel trus nyerempet haram itu apa om. Afandi Kusuma ya handluje forex itu paling tidak syubhat, kalau tidak mau dibilang haram. Dani Kamery syubhat iku apa. Afandi Kusuma naprawa handlu, celana bekas, bekas silnikowy, sandały bekas Syubhat adalah sesuatu hal yang dirasa kurang jelas antara halal atau haram. Dani Kamery syubatu iku apa om kenapa kuraga jelas, bukankah Allah selalu tegas i jelas dalam menadukan sebuah om. Afandi Kusuma Dari an-bin człowiek bin Basyir ra berkata Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itupun jelas pula Diantara kedua macam hal itu ada beberapahal yang syubhat samar-samar Sebagian besar manusia tidak dapat mengetahui dengan jelas apa-apa yang subhat itu Barangsiapa yang menjaga dirinya dari perkara syubhat, maka į telah melepaskan dirinya dari melakukan sesuatu yang mencemarkan agama serta kehormatannya Dan barang siapa yang telah jatuh dalam perkara syubhat, maka bisa-bisa jatuhlah ia dalam keharaman, sebagaimana halnya seseorang penggembala yang menggembala di sekitarny tempat yang terlarang, hampir saja ternaknya itu makan dari tempat larangan tadi Ingatlah bahwasannya setiap raja itu memppunyai larangan-larangan Ingatlah bahwasannya larangan-larangan Bóg adalah apa-apa yang dihar amkan oleh-Nya Muttafaq Alaih. Dani Kamerzyści jujur ​​om, kalau referensi nya Al-Qur a sya langsung meng iyakan itu pun nanti perlu dibedah asbabun nudzul nya serta teks i konteks nya kalau masalah hadist, di dalam sejarah di ceritakan bhwa Umar bin khatab di massa ke khalifahan nya membakar semua hadist agr Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła Al-Qur yg suci tdt tertukar dengan hadist dri situ perlu amat sangat cermat utk mengetahui mana hadist shahih dan mana yg tdak. Afandi kusuma hadist itu mutawatir intinija kan mudah kalau saat kita close dan untung, pasti ada yang rugi karena keuntungan kita itu begitu kan dalam jual beli forex itu. Dani camers loh, emang halal-haram logika nya se simple itu ya om. Afandi Kusuma ya makanya itu kalau masih ragu, berarti masuk syubhat sudah mata uang itu riba, jual belinya masuk judi lagi menurutku haram mending jual mobil, rumu rumu, gitu aja aku barusan jual powietrze isi ulang galon, aku ambilkan dari depan rumah. Dani kamerowie maaf om, aq mw tanya memang riba itu substansi nya gmn bank konve nsional itu haram gk trus substansi judi itu gmn notatka forex itu judi yah. Afandi kusuma Fatwa MUI Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valar dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga naprzód Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi 4 Transaksi OPCJA yaitu kontrak untuk memorro hak dalam rangą membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit waluta asing pada harga jangka waktu atau tanggal akhir tertentu Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir spekulasi. Dani kamerki kita beli mangga apakah kita yakin manis di mall apakah boleh diincipi spekulasi, kalau memika logika nya se simple itu krna di dunia ini gk da sesuatu yg gak spekulasi meskipun 0,000000001 persen. Afandi Kusuma ya tidak apa kalau kamu mengqiaskan seperti itu menurutku jauh beda ok, aku kasih tahu yang boleh halal untuk bisa dibandingkan dalam hal valas jual beli valas yang halal adala h dengan syarat tuni i di tempat. Dani Camers berarti jual beli online haram. Afandi Kusuma kalau bukan valas boleh kredit dan boidh ditempat. Dani kamer kalau memakai legika jen yan yg diatas berarti kredit ji haram, kan swap. Afandi Kusuma tidak beda urusannya kalau soal karena spekulasi itu, menurut MUI, aku cuma copas saja. Dani kamerzyści khan ada proses biaya inap uang berarti khan swap om. Afandi kusuma tapi swap itu bukan yg dibisniskan. Dani kamerki hehehehe sya pribadi gak pernaha perkusja yg namanya MUI konteks indonesia. Afandi Kusuma ya tdk masalah kalau mnurut saya, kita ambil pendapat orang badan nieokreślony ambil dalil dan logikanya bukan hanya taklit. Dani kamerowie kalau menurut saya kita punya al-Qr a dan sunnah Rasul kita punya logika sehat kita gunakan itu, pendapat orag lain hnya referen sbgai bahan pertimbangan. Afandi Kusuma beli valas boleh i halal hanya jika kita memang perlu waluta itu mungkin karena mau perjalanan luar negeri, bayar utk beli barang dari lu ar negeri dll bukan jual beli valas itu yang dibisniskan ini pendapat saya apalagi dalam trading forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu bener tidak. Dani camers mkasih pendapatnya om untung rugi dalam hidup itu sebuah konskwensi, asal gk melanggar prinsip tauhid i merusak masyarakat scara makroo. Afandi Kusuma iya tentu saja dalam handel forex kita tahu, bahwa jika kita untung, maki ada yang rugi karena keutungan kita itu bener tidak. Dani kamer tergantung handel forex melawan rynek atau melawan broker krn kalau melawan rynek itu semacam kompetisi keuangan dunia Allah suka orag2 yang ber kompetisi dalam kemajuan dunia. Afandi kusuma ok aku cuma menyampaikan kalau tidak mau dibilang haram, pasti syubhat trading forex itu. Dani kamerowcy loh, aq blum pengen berhenti diskusi om aq gk mw Allah melaknat q mkanya lagi seru2 nya cari kebenaran ini. Afandi Kusuma sori, barusan aku tinggal beli makanan kucing coba kamu baca Al Quran tentang riba, j ual beli boleh, riba tdk boleh banyak orang mengatakan riba sama dengan jual beli masih dari Koran, sedekah boleh riba tidak boleh dari belajar ku, ke berbagai guru mengenai masa ini intinya, sektor riil halal, sektor non riil haram masihkah kita belum bisa melihat kenapa ekonomi Amerika ambruk yakni zyski kapitałowe menggelembungnya transaksi sektor non riil menyamakan riba denia jual beli. Afandi Kusuma Orang-orang yang makan mangambil riba 174 tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran tekanan penyakit gila 175 Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata berpendapat, sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli i mengharamkan riba Orang-orang yang telah sampai katarzyna larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti dari mengambil riba, maksa baginy apa yang telah diambilnya dahulu 176 sebelum datang larangan dan urusannya terserah kepada Allah Orang yang kembali mengambil riba, maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka mereka kekal di dalamnya. Afandi Kusuma Q 2 257 disebabkan mereka berkendapat, sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah. Mode Moda OkRek. Majlis Fatwa Kebangsaan Hukum Pelaburan Forex. Suzardi Maulan February 16, 2017.Pelaburan forex yang dibuat oleh individu di platforma internet online adalah haram. Keputusan ini telah pun dibuat oleh muzakarah Majlis Fatwa Kebangsaan. Ini kerana muzakarah mendapati bahawa perdagangan pertagaran mata wang asing rzeczownik forex rzeczownik secara lani indywidualny punkt forex melalui platfom elektronik mengandungi unsur-unsur seperti riba melalui pengenaan rollover interest, pensyaratan jual beli dalam pemberian hutang melalui dźwignię, qabd yang tidak jelas ketaksa pertukaran, penjualan mata wang yang tiada dalam pegangan i spekulasi yang melibatkan perjudian. Tuan dapat membaca kenyataan lanjut seperti berikut. Muzakarah Jawatankuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ug ama Islamski Malezja Kali Ke-98 yang bersidang pada 13-15 lutego 2017 r. z dnia huktu piątek piątek po południu Individu Secara Lani Indywidualne spot Forex Melalui Platfom Elektronik Muzakarah telah membuat keputus seperti berikut. Setelah mendengar takudat and penjelasan pakar daripada Akademi Penyelidikan Syariah Antarabangsa Dalam Kewangan Islam ISRA serta meneliti keterangan, hujah-hujah dan pandangan yang dikemukakan, muzakarah menegaskan bahawa perdagangan pertagaran mata wang asing forex oleh individu secara lani indywidualny punkt forex melalui platfom elektronik adalah melibatkan element ribawi iata mata wang dan dari sudut fiqhiyyah ia tertakluk di bawah hukum Bay al-Sarf yang perlu dipatuhi syarat-syarat umum jual beli dan syarat-syarat khusus bagi zatoka al-Sarf seperti berikut. Syarat-syarat umum jual beli. Pihak yang berakad mestilah mempunyai kelayakan melakukan kontrak Ahliyyah al-Ta aqud. Harga belian hendaklah diketahui dengan jelas oleh kedua-dua piha k yang berakad. Item belian hendaklah suatu yang wujud i dimiliki sepenuhnya oleh pihak yang menjual serta boleh diserahkan kepada pembeli. Sighah akad hedaklah menunjukkan kedha kedua-dua pihak, tidak ada unsur penempohan i sighah ijab dan qabul mestilah bersepadanan i menepati antara satu sama lain dari sudut ciri-ciri dan kadarnya. Syarat-syarat khusus Bay al-Sarf. Berlaku taqabbudh penyerahan antara kedua-dua pozycja yang terlibat dalam platforma forex sebelum kedua-dua pihak yang menjalankan transaksi berpisah daripada majlis akad. Jual beli matawang hendaklah dijalankan secara lani dan tidak boleh berlaku sebarang penangguhan dan. Akad jual beli al-sarf mesti bebas daripada gdyyar al-syart. Selain memenuhi syarat-syarat tersebut, Muzakarah jugę menegaskan bahawa opera perdagangan pertukaran mata wang asing forex hendaklah bebas daripada sebarang unsur riba, elemen al - Salaf wa al-Bay pemberian hutang dengan syarat dilakukan transaksi jual beli, unsur perjudian, gharar yang berl ebihan dan kezaliman atau eksploitasi. Berdasarkan kajian terperinci yang telah dilakukan, Muzakarah mendapati bahawa perdagangan pertukaran mata wang asing rzeczownik forex individu rzeczownik secara lani pojedynczy punkt forex melalui platfom elektronik mengandungi unsur-unsur seperti riba melalui pengenaan rollover odsetek, pensyaratan jual beli dalam pemberian hutang melalui dźwignia, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty, wypłaty w gotówce, poręczeniach, poręczeniach, poręczeniach, poręczeniach, zapłatę, wykupieniu, wykupieniu, wykupieniu, wykupieniu, wykupieniu, wykupieniu, wykupu, wykupu, wykupu, wypłaty, individu secara lani indywidualny punkt forex melalui platfom elektronik yang ada pada masa ini adalah haram kerana ia bercanggah dengan kehendak syarak i juga tidak sah dari sisi undang-undang negara selaras dengan itu, umat islam, islam, daripada daripada dadi dalam perdagangan mata wang seumpama in i. Muzakarah juga menegaskan bahawa keputusan yang diputuskan ini tidak terpakai ke atas urus niaga pertukaran mata wang asing menga pengurup wang berlesen iunus azja pertukaran mata wang asing jang dikendalikan olein institusi institut institut instytut badawczy kangura yang dilesenkan di bawah undang und undang Malaysia. Laporan akhbar mengenai Keputusan Majlis Fatwa Kebangsaan. KOTA BHARU Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan semalam memutuskan umat Islamski haram mengamalkan sistem perniagaan pertukaran wang asing. Pengerusi Jawatankuasanya, Tan Sri dr Abdul Shukor Husin, berkata ini kerana perniagaan yang dilakukan melalui wang asing seperti itu tidak menepati hukum syarak dan menimbulkan keraguan di kalangan umat Islam. Hasil kajian jawatankuasa ini, kita dapati perniagaan perkusja wang asing membabitkan spekulasi mata wang dan ini bercanggah dan berlawanan dengan hukum islam. Oleh itu, Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan bahawa umat Islamski diharamkan daripada mengamalkan sistem perniagaan cara demikian, katany kepada pemberita selepas mempengerusikan mesyuarat Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan Ke-98 di sini. Abdul Shukor berkata banyak isu yang meragukan mengenai perniagaan pertanaran asing, oleh itu umat Islam tidak perlu menceburkan diri, tambahan pula kegiatan itu membabit penggunaan internet di kalangan individu, yang menyebabkan untung rugi tidak menentu. Lain-lain jenis perniagaan pertukaran wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan, kerana ia tidak menimbulkan spekulasi mata wang atau untung rugi yang tidak menentu, katanya. Beliau berkata, keputusan lain yang turut dicapai dalam mesyuarat itu ialah mengharuskan umat Islam is a bodajas bursa bhaktas bhaktas bhaktas bhaktas bhaktas bhaktas bhaktas bhaktas hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh Negnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnjnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnjnjnjnjnjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj

No comments:

Post a Comment